Cara Menghemat Memori RAM Pada Smartphone Android

Cara Menghemat Memori RAM Pada Smartphone Android
Memori RAM atau Random Access Memory adalah sebuah memori yang difungsikan untuk menampung disaat memperoses suatu perangkat lunak pada sebuah smartphone itu berjalan. Pada beberapa smartphone android kita sering mengalami ponsel lemot, Hal ini dikarenakan Memori RAM pada smartphone anda terbatas, sehingga membuat smartphone anda menjadi sering lemot.

Semakin besar kapasitas RAM yang berada dalam ponsel kita, maka aktivitas multitasking pada ponsel pun akan lebih stabil dan mumpuni. Dengan demikian, RAM pada umumnya tidak pernah kosong seratus persen. Meskipun ponsel anda tidak sedang dipakai, namun ada saja aplikasi yang terus berjalan. Maka dengan ini ponsel anda sering menjadi lemot atau hang.

Lalu bagaimana Cara Menghemat Memori RAM Pada Smartphone Android supaya tidak cepat habis dan tidak lemot pada ponsel kita?

1. Batasi penggunaan Widget dan Live Wallpapers

Baik Widget ataupun Live Wallpapers adalah fitur Android yang banyak menghabiskan memori RAM dan membuat kinerja pada ponsel anda menjadi lemot. Bukan hanya itu saja, semakin banyak widget yang dipasang tentunya hal ini akan memakan bandwitch ponsel. Selain dari menghabiskan memori RAM hal ini juga bisa membuat baterai boros.

2. Nonaktifkan atau Disable Animasi

Lalu yang dapat menghabiskan memori ram yang kedua ini adalah Animasi. Untuk yang mengatasi hal ini caranya cukup mudah , Anda bisa membuka menu Setting lalu masuk ke opsi Developer Options. Pada bagian opsi Developer Options, pilihlah Drawing dan Turn off pada semua opsinya.

3. Nonaktifkan atau Disable Aplikasi

Meskipun ponsel kita tidak digunakan namun sebenarnya ada aplikasi yang berjalan dibelakang layar. Untuk mengatasi hal ini, untuk mengatasinya Matikan Aplikasi yang berjalan dibelakang layar, dimana Anda harus mengatur mana aplikasi sistem dan bukan aplikasi sistem, Caranya, masuklah ke menu Settings dan pilih App. Kemudian, carilah aplikasi yang akan dinonaktifkan, kemudian tap dan pilih disable.

0 Response to "Cara Menghemat Memori RAM Pada Smartphone Android"

Posting Komentar